Mahasiswa/i Berbicara

Tempat para mahasiswa/i ekonomi di seluruh Indonesia berbagi mengenai sudut pandang yang membangun

6/03/2009

Andaikan negara menjadi sebuah perusahaan

Posted by .hansreza. |

Penulisan ini terbesit gara2 sekarang2 ini mendekati pilpres juli nanti. Disaat yang bersamaan, beberapa mahasiswa di instutusi dimana saya bernaung akan menghadapi sidang tugas akhir atau biasa disebut ujian kompre. Dan saya juga terlibat di dalamnya. Maksudnya sekarang saya juga lagi nyambi untuk ngerjain tugas akhir proyek bisnis. Ahahahaha

Lalu, karena lebih dari setengah fikiran saya tertuju pada laporan akhir proyek bisnis dan beberapa bagian yang sangat kecil dari fikiran saya sedang berfikir akan memilih presiden mana yang akan dipilih nanti, tiba2 saya berfikir coba negara ini berjalan seperti layaknya sebuah perusahaan.

PT Indonesia Raya saya namakan. Dengan CEOnya adalah Seorang Presiden. Sebagai sebuah perusahaan pastinya bertujuan untuk mendapatkan keuntungan dan memuaskan para shareholder nya. Kemudian para gubernur provinsi menjabat sebagai kepala cabang yang bertugas untuk mengontrol berjalanya para perwakilan perusahaan di beberapa daerah yang ditunjuk.

Sebagai ujung tombak perusahaan dalam pencitraan perusahaan di mata konsumen(branding) adalah para duta besar, departemen luar negri dan pariwisata. Mereka mencari apa yang dibutuhkan dan kemudian mencitrakan Indonesia sebagai perusahaan yang baik dan terpandang agar para konsumen berani mengorbankan sesuatu untuk didapat(Value>risk).

Human Resources dikendalikan mungkin oleh DPR. Mereka yang membuat peraturan, Standard Operating Procedure dan juga yang menilai seberapa efektifkah kinerja para tenaga kerja. Beberapa lembaga seperti KPK, BPK dan beberapa LSM yang sifatnya mengawasi, berperan sebagai Quality Control dan juga auditor bagi perusahaan sehingga setiap yang terlewat ataupun di luar prosedur akan cepat terdeteksi.

Masalah keuangan tentunya kita percaya pada departemen keuangan dan Bank Indonesia dalam mengatur cashflow perushaan dan juga membuat strategi jangka panjang(fiancial projection).

Beberapa departemen seperti perindustrian, perdagangan, kelautan, pertanian, kehutanan, ESDM dan beberapa departemen lainnya mengatur masalah operasional perusahaan. Merekalah yang membuat produk dari perusahaan mencapai standard Internasional, mendapatkan ISO bahkan mendekati Six Sigma.

Dimanakah letak atau peran kita semua(masyarakat)? Ya,, mungkin sudah mulai menerka nerka, kita adalah para shareholders yang menjadi tujuan perusahaan. Memaksimalkan keuntungan untuk para shareholders adalah hal utama yang menjadi pegangan perusahaan dalam kegiatannya.

Seandainya berjalan sebagai mana mestinya, sebuah perusahaan tidak hanya membuat salah satu bagian menjadi makmur melainkan semua para stakeholdersnya. Semua bagian haruslah bekerja sama di dalam mencapai tujuan. Para shareholders juga tidak hanya tinggal diam untuk mendapatkan keuntungan(layaknya BLT). Teteapi, para shareholders juga haruslah aktif dalam mengawasi, menentukan ke arah mana perusahaan akan berjalan. Bukan hanya saling menyalahkan.

only god knows why
wallahulam......

0 comments: