Mahasiswa/i Berbicara

Tempat para mahasiswa/i ekonomi di seluruh Indonesia berbagi mengenai sudut pandang yang membangun

4/21/2009

Konsumsi dan konsumsi

Posted by .hansreza. |

BPS: Pertumbuhan Ekonomi Kuartal I-2009 di Atas 4%...

Weeewww.. headline yang mencengangkan yang ada di detikfinance.com sekitar jam 11 malem...
Indonesia mengalami pertumbuhan ekonomi di atas 4% atau jauh mengungguli perkiraan pertumbuhan ekonomi negara-negara maju. Jepang contohnya masih diprediksi bakalan stagnan, amerika dan beberapa negara eropa bahkan diprediksi dibawah 1 % atau bahkan defisit.

Jadi inget waktu semester 3, ada model Y = G + I + C + Xm -Im
dimana y itu national income, g= govenment spending, I=Investment, C= Consumption dan xm -im itu selisih antara ekspor impor(net ekspor) atau yang ada di account balance of payment. Formula itu mungkin bisa menjadi landasan pertumbuhan ekonomi suatu negara.

Indonesia kembali didominasi oleh konsumsi sebagai kontributor terbesar pertumbuhan ekonomi. Sangat wajar, dimana di kuartal pertama 2009 ini beribu2 caleg berlomba lomba untuk mendapatkan kursi di lembaga yang sangat diagungkan. Terjadi multiplier effect disini, dimana tingkat konsumsi terutama papan(sandang,pangan,papan) sangat tinggi. Spanduk, kaos, tukang foto, tukang print, digital printing, tukang parkir digital printing, abang2 baso yang ada di digital printing, tukang roko, pengemis mengalami kecipratan dari maraknya pesta demokrasi ini.

Jika dilihat lebih dalam lagi, di bulan Januari memang tradisinya banyak yang baru2. Tahun baru, ada yang beli baju baru, sepatu baru, parfum baru udah kaya lebaran. Sungguh beruntunglah para produsen yang mempunyai banyak kesempatan dari lifecycle orang Indonesia. Kembali, konsumsi, konsumsi dan konsumsi. Apalagi 3 Januari ada di awal tahun juga(hahahaha, sorry rada pribadi).

Di lain sisi, ekspor
dibandingkan kuartal 1 2008 dengan kuartal I 2009 mengalami negative growth 38,8% dan untuk ekspor non migas minus 32,5%.(inilah.com). Memang sih blom ada data BOP kuartal 1 2009 yang dipublikasikan oleh BI.

Mungkin disini saya belum terlalu memperdalam pada sisi government spending dan investment karena..yaaa..namanya juga mahasiswa. Tapi secara general, mungkin salah satu komponen tersebut yaitu government spending juga mengalami peningkatan. Investment? silahkan liat sendiri performa IHSG yang kebanyakan hot money dan bandingkan dengan investasi lainnya(FDI dan lainnya).

Konsumtif. Itulah yang pasti ada di benak kita secara tidak sadar. Sama seperti saya, konsumtif melakukan penulisan di blog ini tanpa memperhatikan nasib BP saya. Hahahahaha....

Mungkin ada yang bertanya tanya inikah realita ekonomi ataukah tampilan angka semata. Kita semua cuma bisa berandai andai. Sama kaya komentator bola yang memprediksi jika tim ini menerapkan strategi ini pasti bakalan menang. Sama juga kaya komentator reality show idola instant yang bilang ookkaayy performa yang memuaskan dan anda sangat pantas maju ke babak berikutnya. Dan juga beberapa komentator2 yang ada di TV yang semua bicara kalau, jika, misalkan, andaikan, coba, kemungkinan.

Tapi dari headline yang wow ini, sadar ga sadar kita juga berperan juga loh...Namun, intinya adalah apakah konsumsi yang kita lakukan adalah konsumsi dalam negri??? apakah baju atau yang kita pakai produksi dalam negri??? apakah makanan dan minuman yang kita konsumsi kebanyakan adalah dari negri Indonesia???
Jika jawabanya iya,,kita boleh bangga dengan predikat konsumtif yang melekat pada kita
Jika tidak..?????

only god knows why...

0 comments: